Kompas.com - 09/02/2016, 09:03 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Salah satu efek metabolisme melambat adalah sulitnya menurunkan berat badan. Berikut ini lima hal yang bisa memperlambat metabolisme.

1. Melupakan secangkir kopi di pagi hari.
Anda melepaskan cara yang mudah dan nikmat untuk meningkatkan pembakaran metabolism. “Kafein dapat menstimulasi sistem saraf pusat,” jelas Marisa Moore, RD,ahli nutrisi dan diet di Atlanta.

“Diperkirakan dengan minum kafein dapat meningkatkan metabolism sekitar 15 persen selama 3 jam,” lanjutnya.

Manfaat lainnya adalah menurunkan risiko penyakit kardivaskular, diabetes, penurunan fungsi kognitif, dan menurunkan risiko kematian dini.

Perbaiki dengan: Selama kafein tidak meninggalkan efek buruk seperti membuat gelisah, cobalah membuat perubahan. Mulailah mengonsumsi secangkir kopi di pagi hari. Jika Anda memiliki masalah asam lambung, kopi sehat dengan kadar kafein lebih rendah bisa dicoba. Mulailah dengan mengonsumsinya secara rutin dua minggu sekali.


2. Sarapan sereal.
Anda melakukan hal benar dengan sarapan, makan secara teratur sesuai jadwal akan menjaga metabolisme tubuh berjalan baik. Tapi, sarapan rendah protein akan mempersulit kinerja metabolisme. Dibutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna karbohidrat dan membentuk massa otot.

Perbaiki dengan: “Tambahkan 20 gram protein dalam men sarapan. Anda bisa mendapatkannya dari satu cup yoghurt Yunani rendah lemak,” saran Jessica Crandall, RD, juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet.


3. Tidak merasa lapar setelah olahraga, sehingga Anda tidak makan.
Olahraga menghabiskan cadangan otot. Dengan mengonsumsi campuran makanan yang tepat nutrisi satu jam setelah olahraga untuk membua otot pulih dan membentuk massa otot.

Perbaiki dengan: Crandall menyarankan untuk mengonsumsi camilan yang terdiri dari 10 sampai 15 gram protein dan 15 gram karbohidrat.


4. Selalu tidur di jam yang sama setiap malam, kecuali akhir pekan.
Ini berkaitan dengan tidur sehat. Jika setiap malam Anda selalu tidur di jam yang sama secara teratur dan memenuhi kuantitas serta kualitas tidur, ini tentu sangat baik.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.