Kompas.com - 17/02/2016, 07:07 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi
JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa Anda sadari, suka menggigit pensil ternyata bisa meredakan sakit kepala. Bagaimana bisa?

Dokter Jane Leonard menjelaskan, sakit kepala sebagian besar dipicu oleh kelelahan, stres, cemas, hingga gangguan emosi. Saat itu terjadi kejang otot di daerah wajah, leher, rahang, dan kulit kepala yang menyebabkan sakit kepala.

Selain itu, kejang otot juga bisa menjadi tanda disfungsi temporomandibular joint (TMJ). TMJ biasanya terjadi, karena sering menggeretakkan gigi saat tidur.

Jane mengungkapkan, dengan menggigit pensil maka bisa mengendurkan otot rahang yang tegang. Posisi pensil dibuat horizontal saat digigit.

"Ini merupakan latihan untuk mencoba mengendurkan otot-otot yang biasa digunakan untuk mengunyah dan bagian yang mengalami disfungsi TMJ," kata Jane.

Jane menjelaskan, rahang merupakan salah satu sendi kompleks dalam tubuh. Ketika ada masalah fungsi sendi di rahang, bisa menyebabkan TMJ. Biasanya, disertai dengan nyeri sendi. Jika dibiarkan, khawatir rahang akan menjadi kaku dan sulit kembali seperti semula.

Sementara itu, penelitian sebelumnya mengaitkan sakit kepala dengan adanya tekanan pada leher.

Menurut para ahli, 80 persen sakit kepala tipe tegang disebabkan oleh masalah otot leher. Nyeri pada otot leher sering kali disebabkan, karena salah postur saat duduk. Misalnya, leher yang sering menunduk karena menatap layar komputer yang lebih rendah.

Julie Sugrue, seorang fisioterapis mengungkapkan, di daerah kepala dan leher terdapat 36 kelompok otot. Sebanyak 20 otot di antaranya terbukti dapat menyebabkan sakit kepala.

Sejumlah otot tersebut biasa digunakan untuk menggerakkan kepala, makan, bicara, ekspresi wajah, dan menjaga postur tubuh. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.