Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/02/2016, 08:25 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Jika setelah berbulan-bulan berlatih di gym, tetapi hasil yang didapat tak sesuai harapan, mungkin ada kesalahan yang tak sengaja Anda lakukan.

Menurut Andrea Metcalf, pelatih fitnes bersertifikat dari Healthy Living, inilah kesalahan latihan yang paling banyak dilakukan, terutama oleh wanita.

1. Tidak berlatih beban
Meski banyak wanita mengerti keuntungan latihan kekuatan, mereka tidak melakukannya karena takut menjadi bulky (badan menjadi kekar karena otot terlalu besar).

Latihan beban, terutama bagi wanita di atas 40 tahun, dapat membantu tubuh membentuk otot sehingga metabolisme dan kemampuan tubuh membakar lemak juga meningkat. Konsultasikan kepada pelatih Anda jenis dan takaran latihan beban yang tepat untuk menghindari tubuh menjadi bulky.

2. Berpegangan
Ada bilah pegangan untuk setiap alat latihan kardio, seperti treadmill dan upright bikes. Bertumpu pada bilah pegangan akan menghalangi area tubuh utama (core body) dari keharusan menyeimbangkan dan mengoordinasikan otot-otot. Hasilnya, pembakaran kalori dan pembentukan otot menjadi tidak maksimal.

Cobalah untuk bergerak tanpa berpegangan, kencangkan otot perut. Untuk alat seperti elliptical yang lebih menantang, jika Anda seorang pemula, lebih baik tetap berpegangan dan naikkan kemampuan Anda perlahan sesuai kemampuan.

3. Menghindari cermin
Kadang, kita tidak suka apa yang kita lihat di dalam cermin. Karena itu, kita menghindarinya. Padahal, sebenarnya cermin dapat memberi kita masukan yang baik mengenai hasil latihan.

Dengan cermin, kita bisa melihat bagian tubuh mana yang masih kurang dilatih dan mana yang ototnya masih kendur.

Tak ada salahnya berlatih di depan cermin, atau minimal bercerminlah (gunakan cermin besar yang memperlihatkan keseluruhan diri Anda) seminggu sekali untuk mengevaluasi hasil latihan.

4. Tidak mengonsumsi apa pun setelah latihan
Para pria tidak takut minum minuman berprotein segera setelah latihan dan mereka melakukan tindakan yang benar. Protein membantu membentuk otot sehingga metabolisme dan kemampuan tubuh membakar lemal meningkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com