Kompas.com - 02/03/2016, 10:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Tentu tak ada yang senang memiliki perut buncit dengan lemak berlebih. Pasalnya, hal itu dapat merusak penampilan sehingga mengurangi rasa percaya diri. Selain itu, lemak di area sentral (perut dan sekitarnya) atau lemak viseral, sangat membahayakan kesehatan.

Lemak viseral dapat menyebabkan peradangan dan memicu produksi hormon yang dapat mengganggu metabolisme tubuh.

Lemak viseral juga dapat mengeluarkan asam lemak bebas, yang akan meningkatkan kadar kolesterol sehingga mempertinggi risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu juga akan menganggu kerja insulin sehingga risiko diabetes meningkat.

Setelah mengetahui betapa pentingnya memiliki perut bebas lemak berlebih, kini saatnya Anda menerapkan 10 kebiasaan yang dapat membantu Anda mendapatkan perut yang rata, di bawah ini.

1. Rileks
Sebesar apapun tekanan atau stres yang Anda alami, cobalah untuk rileks. Stres memicu hormon kortisol yang mendorong keinginan makan berlebih, menurut Jacob Seidell, PhD, dari National Institute of Public Health di Bilthoven, Netherlands. Selain stres, alkohol juga bisa memicu produksi hormon kortisol.

2. Berhenti merokok
Rokok membuatku tetap langsing, kata para pecandunya. "Fakta ilmiah menyebutkan, rokok membuat pecandunya memiliki lemak sentral lebih banyak dibanding bukan perokok," kata Dr. Seidell.

3. Makan lebih banyak serat
Bukan hanya bagus untuk diet (serat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari nafsu makan yang tidak terkontrol).

Selain itu, serat juga mencegah konstipasi, salah satu faktor penyebab perut Anda menjadi kembung, menurut Lawrence J. Cheskin, MD, gastroenterologis dan direktur Johns Hopkins Weight Management Center di Baltimore. Konsumsilah minimal 30 gram serat setiap hari yang berasal dari buah dan sayuran.

4. Minum air putih
Untuk mengatasi kembung pramenstruasi, minumlah air putih yang banyak. Air putih benar-benar akan membantu mengusir kembung, bukan memperburuknya.


5. Lakukan kardio
Semua latihan untuk mengencangkan otot perut, akan sia-sia jika Anda tidak menyingkirkan lemak yang bersembunyi di baliknya. Salah satu cara terbaik mengenyahkan lemak perut adalah dengan latihan aerobik/kardio selama 45 sampai 60 menit, lima kali dalam seminggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.