Kompas.com - 04/03/2016, 07:17 WIB
/Ilustrasi Shutterstock/Ilustrasi
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Anda pasti sudah tahu benda sehari-hari yang menyimpan banyak kuman, misalnya saja toilet umum, pegangan pintu, atau meja lipat di pesawat. Tetapi, ada benda-benda lain yang sering kita anggap bersih padahal tidak.

1. Cucian bersih
Pakaian dalam yang sudah kita pakai memang tidak bersih, tapi ternyata pakaian yang sudah dicuci pun tak bebas kuman.

Menurut Charles Gerba, profesor mikrobiologi dari Universitas Arizona, satu pakaian dalam bisa menyisakan 100 juta E.coli di mesin cuci dan mengontaminasi cucian berikutnya. Salah satu cara menyiasatinya bukanlah memakai detergen yang lebih kuat, tapi menggunakan air hangat sekitar 60 derajat.

2. Potongan lemon di gelas
Lemon memang mengandung antibakteri, tetapi irisan lemon untuk hiasan di gelas kemungkinan besar mengandung kuman. Dalam penelitian terhadap 76 irisan lemon di 21 restoran, sekitar 70 persennya mengandung mikroba penyebab penyakit.

Kuman dalam irisan lemon biasanya berasal dari tangan seseorang yang memegangnya. Oleh karenanya selalu cuci tangan dengan sabun sebelum mengolah makanan.

3. Baju baru
Ketika Philip Tierno, direktur mikrobiologi dan imunologi dari Universitas New York menguji baju baru dari toko, ia menemukan serpihan flora kulit, feses, dan juga sekresi saluran napas. Cucilah pakaian yang baru dibeli, bila perlu di air hangat sebelum dipakai.

4. Dasbor mobil
Bagian dasbor mobil ternyata menjadi tempat yang paling banyak mengandung kuman di mobil. Hal ini karena penyejuk udara dan pemanas meniupkan mikroba berukuran mikroskopik ke dalam mobil.

Sebagian tertinggal di area dasbor yang jarang tersentuh dan terlindung dari matahari. Tempat yang lembab itu menjadi lokasi ideal untuk kuman berkembang biak.

5. Wadah lensa kontak
Penelitian di China menunjukkan, 34 persen wadah lensa kontak yang diteliti mengandung kuman seperti Serratia dan Staphyloccoccus aureus yang dapat menyebabkan peradangan di mata. Komplikasi dari peradangan ini adalah kerusakan kornea, bahkan jika tidak diatasi menyebabkan kebutaan.

Jaga kebersihan wadah lensa kontak dengan membuang cairan lensa kontak dan membilas wadah dengan air panas setiap hari. Gantilah wadah setiap 3 bulan sekali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Menshealth
Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Hairy Tongue
Hairy Tongue
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.