Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksinasi Polio Akan Dilakukan di Posyandu hingga Bandara

Kompas.com - 04/03/2016, 17:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio akan digelar serentak di 32 provinsi seluruh Indonesia pada 8-15 Maret 2016. Khusus Provinsi Bali, PIN Polio akan digelar pada 15-22 Maret 2016.

Sementara itu, PIN Polio tidak digelar di Yogyakarta karena provinsi itu sudah tak lagi menggunakan vaksin polio tetes.

"Pemberian imunisasi polio pada anak usia 0 sampai 59 bulan dengan vaksin tetes," ujar Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dalam jumpa pers di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (4/3/2016).

PIN akan dilaksanakan di pos PIN, posyandu, polindes, posdeskes, puskesmas, puskesmas pembantu, hingga rumah sakit. Selain itu, imunisasi juga akan dilakukan di pos pelayanan imunisasi di bawah koordinasi dinas kesehatan setempat, seperti sekolah, pasar, terminal, pelabuhan, dan bandara.

"Kita berikan juga sampai di bandara. Jadi, kalau ada orang asing bawa bayi dari luar, juga kita berikan vaksin polio," lanjut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan HM Subuh.

Subuh mengungkapkan, target cakupan vaksinasi polio tahun ini lebih dari 95 persen. Saat ini terdapat sekitar 23 juta anak-anak Indonesia dari total 250 penduduk Indonesia. Ia memastikan distribusi vaksin polio sudah siap dilakukan di setiap daerah.

Indonesia sebenarnya telah dinyatakan bebas polio oleh World Head Organization (WHO) sejak 27 Maret 2014. Kasus penyakit polio terakhir ditemukan pada 2006. Itu pun kasus virus polio impor.

PIN Polio kali ini untuk memastikan tidak ada lagi kasus polio sesuai permintaan global. Saat ini, tersisa dua negara yang belum bebas polio, yaitu Pakistan dan Afganistan.

Meski telah dinyatakan bebas polio, risiko penyebaran virus masih tetap ada selama masih ada virus polio liar di dunia. PIN Polio bertujuan untuk pencapaian eradikasi polio atau mewujudkan bebas polio di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com