Kompas.com - 10/03/2016, 11:45 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

GUANGZHOU, KOMPAS.com – Bypass lambung selama ini lebih dikenal sebagai prosedur operasi untuk menurunkan berat badan berlebih. Akan tetapi, operasi ini ternyata juga efektif mengatasi penyakit diabetes.

Ahli bedah dari Rumah Sakit Jinshazhou-Kedokteran Universitas Guangzhou, China Wu Liang Ping mengatakan, operasi bypass lambung (memangkas sebagian lambung), pada penyandang diabetes bisa menyebabkan gula darah selalu stabil.

Dengan begitu, penyandang diabetes atau dikenal dengan sebutan diabetesi, tidak perlu minum obat-obatan pengontrol gula darah seumur hidup.

"Operasi bypass akan mengurangi penyerapan makanan di usus. Penyerapan gula dan lemak di usus jadi lebih rendah jadi gula darahnya terkontrol," terang Wu di Guangzhou, Rabu (9/3/2016).

Ada beberapa metode operasi bypass yang disesuaikan dengan kondisi pasien. Salah satunya dengan mengubah aliran makanan di usus untuk mengurangi penyerapan. Bagian lambung juga dipangkas dari kapasitas 500 ml pada kondisi kosong, menjadi hanya sekitar 50 ml.

Operasi bypass otomatis akan menurunkan berat badan yang berlebih itu karena kapasitas lambung juga lebih sedikit dari sebelumnya. Setelah operasi, pasien akan lebih cepat kenyang.

Pada beberapa minggu pertama setelah operasi, pasien harus cukup konsumsi cairan, dilanjut dengan makanan lunak di minggu berikutnya. Tiga bulan kemudian, pasien sudah bisa makan seperti biasa.

Menurut Wu, operasi bypass juga dapat meningkatkan sekresi insulin sehingga fungsi pankreas perlahan membaik. Wu mengatakan, bypass lambung merupakan pengobatan jangka panjang dan dapat meningkatkan usia harapan hidup pasien menjadi 8 tahun. Tingkat keberhasilan operasi untuk mengontrol gula darah mencapai lebih dari 90 persen.

Namun, operasi ini hanya bisa dilakukan pada pasien diabetes tipe 2 dan yang memiliki indeks massa tubuh di atas 27 atau berlebihan berat badan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.