Kompas.com - 29/03/2016, 12:10 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Meski kuman bisa kita temukan di semua tempat, tetapi ada beberapa area di rumah yang memiliki kuman lebih banyak dibanding tempat lain.

Selain itu, perilaku anak-anak juga membuat mereka mudah terpapar kuman, misalnya saja menggigit kuku, mengupil, atau menyeka cairan hidung dengan tangannya. Anak-anak juga sering lupa mencuci tangannya sebelum menyentuh bagian wajah atau makan.

Selalu ingatkan si kecil untuk mencuci tangan setelah menyentuh zona berkumpulnya kuman berikut ini:

- Pegangan sikat gigi

Penelitian menemukan, pegangan sikat gigi termasuk dalam titik berkumpulnya kuman di dalam rumah. Apalagi jika kita meletakkan tempat sikat gigi di dekat toilet sehingga benda ini terpapar kuman lebih banyak saat kita menyiram toilet.

Untuk membersihkannya, cuci sikat gigi di air panas dan lap bagian pegangannya dengan tisu mengandung alkohol.

 - Tempat hewan peliharaan

Hewan peliharaan dan anak-anak adalah sahabat alami. Tetapi, hewan kesayangan ini juga menjadi transit bakteri, virus, dan parasit, melalui air liur, kotoran, atau kulitnya.

Ajarkan anak untuk selalu mencuci tangannya dengan sabun setelah memegang hewan. Selain itu, jangan biasakan anak mencium hewan kesayangannya ini.

 - Taman dan kebun

Halaman:

Video Pilihan

Sumber WEBMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.