Menyingkir Sejenak dari Sosial Media Sebelum Depresi

Kompas.com - 05/04/2016, 17:09 WIB

KOMPAS.com - Dalam sebuah survei yang melibatkan 1.787 orang dewasa muda berusia 19 hingga 32 tahun, para peneliti menemukan, jumlah pengguna sosial media aktif yang terkena depresi secara signifikan meningkat, ketimbang pengguna yang kurang aktif.

 

Depresi dari penggunaan sosial media tersebut timbul dalam bentuk perasaan tidak bahagia, rasa iri, setelah menggunakan sosial media.

 

Walau begitu, peneliti tidak merekomendasikan pengguna aktif untuk log out selamanya dari sosial media. Hanya saja, bila 1 dari 4  tanda ini mulai Anda alami, sebaiknya cuti sejenak dari semua sosial media selama setidaknya 1 hari untuk menghindari risiko terkena depresi.

 

Sosial media berisi banyak kabar buruk

Jika hari ini akun sosial media diisi oleh berita politik, ekonomi, atau berita apapun yang membuat hati panas, atau banyak berita menyedihkan dari teman atau keluarga, istirahatlah sejenak dari dunia maya setidaknya hingga besok pagi.

Huffington Post melaporkan, paparan konstan berita negatif dapat memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan mental Anda.

Jadi, jika suasana hati Anda menjadi “suram”, karena isi berita di sosial media hari ini, saatnya berjalan-jalan menikmati dunia luar, agar suasana hati Anda bisa kembali ceria demi kesehatan mental yang tetap terjaga.

 

Saat melihat posting-an kerabat, ada rasa iri yang sangat

Ketika Anda sedang menikmati isi akun Instagram atau Path, lalu Anda melihat seorang kerabat mengenakan pakaian barunya yang keren, atau berpose dengan pasangannya yang begitu ideal, wajar bila ada rasa sedikit cemburu sebagai bentuk sifat manusia.

Tetapi, ketika perasaan itu melampaui kewajaran, katakanlah, itu membuat Anda mengeluarkan banyak uang untuk belanja pakaian atau langsung merencanakan sebuah posting-an yang tak kalah “mengesankan”, beristirahatlah!

Halaman:
Baca tentang

Sumber MSN.com
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X