Kompas.com - 03/05/2016, 14:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Mungkin Anda tak suka mendengarnya, tapi seperti tahun-tahun yang terus bertambah, begitu pun berat badan Anda akan mengikuti. Begitu pula dengan peningkatan risiko beragam gangguan kesehatan, mulai dari berat badan hingga risiko diabetes, penurunan kognitif, penyakit jantung, dan kanker tertentu.

 

Untungnya, mikronutrien dalam beberapa jenis buah dapat membantu mengurangi risiko-risiko tersebut, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam British Medical Journal.

 

Sebuah tim peneliti yang berbasis di Harvard melacak berat badan lebih dari 124.000 orang selama 24 tahun.

 

 

Mereka menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak antioksidan flavonoid-yang berlimpah dalam buah-buahan, mengalami kenaikan berat badan setidaknya yang paling akhir, bahkan kebanyakan dari mereka berhasil menurunkan bobot tubuh beberapa kilogram.

 

Peserta studi yang mengonsumsi buah yang kaya tiga jenis flavonoid, khususnya flavonoid antosianin, flavonoid polimer, dan flavonol, mendapat hasil terbaik.

 

Kelompok ini mengonsumsi lebih sedikit kalori dan membakar lebih banyak energi-perpaduan sempurna untuk melangsingkan tubuh.

 

"Hal ini menunjukkan bahwa perubahan sederhana seperti hanya menambahkan beberapa genggam buah ke dalam menu harian And,a dapat memiliki dampak besar pada kesehatan jangka panjang," kata Monica Bertoia, PhD, seorang peneliti di departemen nutrisi di Harvard T. H. Chan School of Public Health.

 

Satu hal yang perlu diperhatikan: "Kami menemukan bahwa peningkatan asupan buah-buahan berkaitan erat dengan pengurangan berat badan," kata Bertoia.

 

"Tapi itu jika Anda makan buah utuh. Orang-orang yang meningkatkan asupan buah dengan cara menjadikannya jus, kedapatan mengalami kenaikan berat badan, mungkin karena jus mengandung banyak gula."

 

Berikut adalah beberapa alasan kuat untuk menambahkan buah-buahan sumber flavonoid ke dalam hari-hari Anda.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.