Kompas.com - 09/05/2016, 17:45 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - "Ketika metabolisme nikotin lebih tinggi, seseorang cenderung lebih sulit untuk berhenti dari kecanduan merokok. Itu terjadi ketika seseorang sedang minum alkohol, tapi setelah mereka berhenti, tingkat metabolisme nikotin perlahan mereda," kata pemimpin penulis Nuh R. Gubner dari Center for tobacco Control Research and Education at the University of California, San Fransisco.

Jika ada dua orang yang mencoba untuk berhenti merokok, orang yang memiliki metabolisme nikotin yang lebih cepat akan membersihkan kimia tersebut dari tubuh dengan lebih cepat, sehingga akan merasakan keinginan untuk merokok lebih cepat pula.

Pada tahun 2011 dan 2012, para peneliti mempelajari 22 pria perokok yang menjalani rehabilitasi kecanduan alkohol di pusat perawatan kecanduan alkohol di Polandia. Mereka menganalisa sampel urin peserta untuk mengukur kadar nikotin dan kemampuan metabolisme kimia.

Kecepatan pemrosesan nikotin dalam tubuh responden menurun selama periode terapi tujuh minggu, meskipun responden tidak mengubah berapa banyak rokok yang mereka hisap per hari.

Para peneliti menulis dalam Drug and Alcohol Dependence bahwa meminum alkohol dalam jumlah banyak dapat memicu enzim dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk metabolisme nikotin. Dan pengolahan nikotin yang lebih cepat umumnya membuat peminum aktif lebih sulit untuk berhenti merokok.

Studi ini diharapkan bisa berguna untuk membantu memulihkan pecandu alkohol yang juga ingin berhenti merokok, peneliti menambahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.