Kompas.com - 12/05/2016, 21:01 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Pada 2015, Menteri Kesehatan Perancis mengatakan, Perancis merupakan negara di Eropa dengan jumlah terbanyak untuk urusan wanita hamil yang merupakan perokok.

Sementara itu, hasil sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Human Genetics menunjukkan, merokok saat hamil dapat menyebabkan perubahan DNA pada janin yang terkait dengan komplikasi kesehatan pada anak-anak, seperti berat badan yang rendah saat lahir, peningkatan risiko asma, dan peningkatan risiko bibir sumbing atau selera.

Untuk mengurangi jumlah ibu hamil dengan kebiasaan menghisap nikotin, rumah sakit di Perancis berencana memberikan sejumlah uang kepada mereka yang rela "menendang" kebiasaan merokok saat hamil.

Menurut The Independent, rumah sakit menjanjikan uang senilai 340 dollar AS atau Rp 4,5 juta untuk membuat ibu hamil bersedia berhenti merokok selamanya.

Kini, para peneliti beserta lembaga Paris’s Public Hospital System and The National Cancer Institute sedang menguji apakah tawaran uang tersebut akan membantu meyakinkan wanita hamil untuk menjauh dari tembakau selama kehamilan mereka.

Perempuan yang diperbolehkan untuk ikut program tersebut harus berusia setidaknya 18 tahun, dengan usia kehamilan kurang dari 4 bulan, dan merokok sedikitnya lima batang rokok atau tiga sigaret kretek setiap hari.

Setelah mendaftar, para peserta penelitian dilarang merokok, baik rokok elektronik atau produk tembakau lainnya. Lalu, peserta akan mengikuti pengujian berkala.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Fox News

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.