Kenali Golongan Darah Anda dan Risiko Penyakitnya

Kompas.com - 30/05/2016, 09:25 WIB
Ilustrasi. ThinkstockIlustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda dapat mengubah olahraga dan diet Anda. Tapi tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengubah golongan darah, yang ditentukan oleh zat mikroskopis warisan dari orangtua-yang hidup di permukaan sel darah merah.


Masalah memori
Golongan darah AB memiliki risiko penurunan kognitif lebih besar dari golongan darah lainnya, menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Neurology.

"Kita tahu golongan darah AB berkaitan dengan kadar faktor pembekuan tertentu dan protein dalam darah," kata penulis studi Mary Cushman, MD, seorang profesor kedokteran dan patologi di University of Vermont.

Hal ini mungkin membantu menjelaskan, mengapa jenis AB lebih berisiko mengalami masalah memori kemudian hari meski mekanisme terjadinya masih belum jelas, kata Cushman.

Kanker perut
Untuk tipe darah AB: Risiko Anda untuk mrngalami kanker perut adalah sekitar 26% lebih tinggi daripada jika Anda memiliki golongan darah B atau O, simpul sebuah studi dari American Journal of Epidemiology. (Jika Anda tipe A, risiko Anda adalah 20% lebih tinggi dibandingkan dengan jenis B atau O).

Bakteri yang disebut H. pylori mungkin menjadi penyebabnya. Ada sekitar dua-pertiga dari populasi dunia yang memiliki H. pylori dalam usus mereka.

Orang-orang dengan golongan darah AB atau A memiliki reaksi sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi terhadap bakteri ini sehingga meningkatkan risiko kanker mereka, kata penulis studi Gustaf Edgren, MD, PhD, seorang ahli epidemiologi di Karolinska University Hospital di Swedia.

Ulcer
Bakteri yang sama yang dapat menyebabkan kanker perut bagi golongan darah A dan AB, dapat meningkatkan risiko ulcer bagi golongan darah O.

"Golongan darah ini entah bagaimana memodifikasi respon kekebalan tubuh terhadap bakteri, tetapi kita tidak tahu persis bagaimana mekanismenya," kata Edgren.

Penyakit jantung
Jenis darah O dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 23%, dibandingkan dengan orang dengan golongan darah lainnya. Itu menurut penelitian dari Harvard School of Public Health.

Orang dengan golongan darah AB dan B berada pada risiko terbesar untuk penyakit jantung, data penelitian menunjukkan.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X