Kompas.com - 31/05/2016, 20:31 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sebuah studi meminta Anda untuk memilih: berhenti minum alkohol atau memotong harapan hidup sebanyak 2 tahun karena mempertahankan kebiasaan minum?


Sebuah studi yang dirilis oleh Public Health England menunjukkan, dua pilihan tersebut menjadi realita yang perlu dipertimbangkan oleh pada peminum aktif, yaitu mereka yang rutin mengonsumsi alkohol 4-5 hari dalam seminggu, baik dalam jumlah wajar maupun banyak.


Para peneliti melibatkan pria dan wanita peminum di Inggris untuk melihat kaitan antara kebiasaan minum dengan harapan hidup seseorang.


Penelitian menemukan, menghentikan kebiasaan minum secara total tak hanya mampu mengurangi jumlah kematian yang disebabkan oleh alkohol, namun dapat menambah harapan hidup para responden setidaknya 1 tahun.


Untuk responden wanita yang memutuskan untuk berhenti minum, maka harapan hidup bertambah sekitar 6 bulan.


Selain merokok, konsumsi alkohol menjadi salah satu penyebab utama munculnya kasus kesehatan dan kematian yang ditangani oleh rumah sakit di Inggris.


Public Health Inggris memperkirakan bahwa alkohol menelan biaya kesehatan hingga 69 miliar per tahun. Sebuah studi lain yang dilakukan oleh Blackpool di Inggris bahkan menemukan, jumlah umur yang mungkin hilang bagi laki-laki Inggris yang gemar minum alkohol bisa mencapai 2 tahun 2 bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber MSN.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.