Kompas.com - 15/06/2016, 09:50 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Makanan pembuka saat berbuka puasa atau takjil, biasanya identik dengan makanan manis atau minuman dingin seperti es buah. Menu tersebut bisa menyebabkan rasa ngilu di gigi pada mereka yang memiliki gigi sensitif.

Gigi sensitif terjadi akibat terbukanya lapisan dentin gigi sehingga bagian saraf mudah terpapar lingkungan luar. Ketika terkena rangsangan berupa makanan maupun minuman panas, dingin, manis, maupun asam, gigi akan terasa ngilu.

Dokter gigi Sabai Asmaraghrya mengatakan, masalah gigi sensitif pun rentan terjadi saat bulan puasa. Mengapa? Sebab, saat puasa, produksi air liur menurun dan tidak dapat melindungi gigi sensitif secara efekif. Produksi air liur menurun akibat kurangnya aktivitas mengunyah karena sedang berpuasa.

"Lakukan cara mencegah terjadinya gigi sensitif sehingga buka puasa lebih enak, enggak ngilu," kata Sabai, Selasa, (13/6/2016).

Caranya, dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Setelah itu, gunakan pula mouthwash atau obat kumur. Namun, pilihlah obat kumur khusus untuk gigi sensitif dan bebas alkohol. Obat kumur khusus dengan gigi sensitif dapat mengurangi rasa ngilu dan melindungi gigi sensitif sepanjang hari.

Hindari penggunaan obat kumur berlebihan dan produk mengandung alkohol karena justru bisa memicu masalah gigi sensitif. "Alkohol dapat merusak jaringan lunak di dalam gigi kalau dipakai terus-menerus," kata Sabai.

Brand Activation Manager GSK Oral Health Care, Dwitya Pramesi mengungkapkan, obat kumur khusus untuk gigi sensitif adalah yang mengandung potassium nitrat. Bahan aktif tersebut bisa memberikan perlindungan terhadap rasa ngilu. Selain itu juga mengandung fluoride untuk mencegah gigi berlubang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.