Kompas.com - 15/06/2016, 10:40 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Salah satu cara memiliki umur yang panjang karena tubuh sehat adalah dengan memperhatikan pola makan. Makanan golongan serelia utuh (whole grain) disarankan dikonsumsi setiap hari.

Serelia utuh, seperti oatmeal, barley, atau pun roti dari bulir gandum utuh, bisa menjadi pilihan karbohidrat dan juga sumber serat.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan serelia utuh bisa menurunkan tekanan darah, kolesterol jahat, dan juga kadar lemak tubuh.

Ada beberapa komponen dalam serelia utuh yang menyebabkan makanan ini menyehatkan. Serat misalnya, akan membuat perut kenyang lebih lama dan menurunkan kolesterol. Magnesium juga memperbaiki sensitivitas insulin dan menurunkan tekanan darah. Kandungan mineral dan antioksidan di dalamnya juga melawan stres oksidatif.

Para ahli juga menyarankan agar kita mengganti karbohidrat yang dihaluskan seperti terigu atau nasi putih.

Penelitian terbaru juga menyebutkan, orang yang mengonsumsi paling tidak tiga sajian serelia utuh memiliki umur lebih panjang. Pola makan tersebut juga menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan kanker.

Bagi sebagian besar orang Indonesia, serelia utuh dianggap sebagai makanan yang tidak menarik karena rasanya hambar. Padahal, kita bisa mengolahnya menjadi berbagai makanan yang kaya rasa. Misalnya saja menggantikan beras dalam bubur ayam, atau mencampurkannya dengan sayur-sayuran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.