Kompas.com - 28/06/2016, 15:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Selama ini, banyak yang menganggap kacang sebagai makanan yang buruk, karena dapat menimbulkan gas berlebih di pencernaan. Tapi, ini bukan alasan untuk menjauhinya. Pasalnya, ada berbagai manfaat sehat yang bisa didapat dari kacang.

Para ahli merekomendasikan Anda mengonsumsi tiga cangkir kacang-kacangan perminggu, karena manfaatnya untuk kesehatan Anda. Semakin sering Anda menyantapnya, semakin kecil kemungkinan Anda mengalami gangguan pencernaan.

"Orang yang makan kacang secara konsisten akan berkurang kadar gas di dalam perutnya dan ini berarti mengurangi risiko kembung," kata Cynthia Sass, MPH, RD, editor nutrisi dan penulis Slim Down Now: Shed Pounds and Inches with Real Food, Real Fast. Berikut ini manfaat kacang-kacangan bagi kesehatan Anda.

 

Mengandung banyak serat

Serat membantu tubuh Anda merasa kenyang, sehingga Anda tidak perlu makan banyak sepanjang hari.

Pedoman diet saat merekomendasikan wanita mendapatkan sekitar 25 gram serat sehari. Hanya setengah cangkir kacang navy dimasak, mengandung hampir 10 gram serat.

"Serat dalam kacang tidak benar-benar pecah," kata Sass. Itu berarti tidak akan banyak hilang walau Anda memasaknya.

 

Kacang baik untuk pencernaan

Kacang mengandung serat larut dan tidak larut, sehingga mereka bekerja ganda untuk menjaga sistem pencernaan Anda berjalan lancar.

Pertama, memperlambat pencernaan, yang memberi Anda perasaan kenyang. Kedua, membantu mencegah sembelit. Kacang-kacangan tidak menimbulkan gas berlebih seperti yang mungkin Anda pikirkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.