Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PERAPI: Bedah Plastik di Indonesia Tak Kalah dengan Luar Negeri

Kompas.com - 02/08/2016, 20:07 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Operasi bedah plastik di Indonesia barangkali tidak populer seperti di Korea. Meski demikian, menurut Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI) Pusat, dr Budiman, SpBP-RE (K), operasi bedah plastik di Indonesia pun tak kalah dengan luar negeri.

"Kualitas dan keamanan dokter bedah plastik di Indonesia setara dengan luar negeri. Hampir semua kebutuhan bedah plastik, baik rekonstruksi maupun estetik bisa dilakukan di tanah air, tak perlu ke luar negeri," ujar Budiman di Jakarta, Selasa (2/8/2016).

Operasi bedah plastik yang dilakukan di Korea, seperti mempercantik bentuk wajah juga bisa dikerjakan di Indonesia. Selain itu, lanjut Budiman, dokter bedah plastik di Indonesia juga bisa melakukan bedah mikro untuk rekonstruksi, seperti menyambung tangan yang putus. Stem cell juga bisa dilakukan di Indonesia.

Namun, masyarakat jangan menjalani operasi bedah plastik dengan dokter yang tidak kompeten. Operasi bedah plastik yang aman harus dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik yang memiliki izin praktek dan bersertifikat.

Budiman mengungkapkan, sering kali pasien datang ke dokter bedah plastik yang kompeten ketika sudah mengalami masalah pada operasi sebelumnya. Misalnya, mengalami masalah setelah operasi suntik silikon cair yang seharusnya tidak boleh dilakukan dalam dunia kedokteran bedah plastik.

Sementara itu, Wakil Ketua PERAPI Pusat dr Irena Sakura Rini, MARS, SpBP-RE (K) mengatakan, masyarakat juga jangan mudah terbuai dengan dokter asing di Indonesia yang menawarkan praktek bedah plastik. Sering kali dokter asing datang untuk melakukan praktek bedah plastik estetik tanpa izin.

Dalam kesempatan yang sama, dr Fonny Josh, SpBP-RE (KBM) menambahkan, PERAPI pun rutin menggelar Pertemuan Ilmuan Tahunan (PIT) untuk meningkatkan kompetensi dokter bedah plastik.

"Melalui PIT, para dokter bedah plastik di tanah air saling berbagi pengetahuan, keahlian, dan pengalaman untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Fonny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com