Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2016, 16:07 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Sebuah studi baru menunjukkan, kutu super atau kutu yang tahan terhadap obat kutu rambut yang dijual bebas, sedang mewabah dan menyebar luas di Amerika Serikat.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medical Entomologi, menemukan bahwa kutu super tahan terhadap obat kutu umum dengan kandungan piretroid, sehingga dengan mudah dan cepat menyebar di 48 negara bagian AS dalam waktu singkat.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan orang dewasa untuk mengambil obat penghilang kutu seperti A-200, Pronto, R & C, Rid, Triple X dan Licide, yang semuanya mengandung pyrethrins dikombinasikan dengan piperonil butoksida.

Penelitian menyimpulkan bahwa kutu yang dikumpulkan dari 138 lokasi di AS memiliki resistensi AELLE frekuensi (RAF) sebanyak 98 persen yang artinya kutu tersebut mengandung sifat tahan obat yang disebut knockdown resistensi (KDR), menunjukkan perlawanan mereka terhadap piretroid.

"Bila terjadi pada anak-anak, saya menyarankan orang tua untuk berkonsultasi dengan dokter anak dan spesialis kulit anak sebelum mengambil obat kutu umum agar mendapat dosis dan penangan tepat," kata penulis studi Dr Kyong Yoon, seorang profesor ilmu biologi asisten di Southern Illinois University Edwardsville.

"Kutu dengan KDR pertama kali dilaporkan pada tahun 2000, dan sekarang kutu dengan ketahanan sifat tersebut ada di mana-mana di AS," kata Yoon.

"Peneliti perlu menerapkan strategi pengelolaan resistensi untuk menekan atau mencegah perkembangan kutu yang resistensi terhadap bahan kimia baru. Sebab kutu dapat dengan mudah menyebar ke negara lainnya, seperti nyamuk.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com