Kompas.com - 29/08/2016, 21:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Pasta gigi dengan kandungan bahan alami dipercaya lebih aman dan sehat, ketimbang pasta gigi jenis lainnya. Namun, sebuah laporan baru mengatakan, asumsi itu tidak sepenuhnya benar.

Menurut penelitian dari pengawas industri organik Cornucopia Institute, kualitas pasta gigi alami cukup bervariasi antara merek. Beberapa di antaranya ditemukan mengandung bahan yang dapat membahayakan kesehatan, karena mengandung bahan yang dapat memicu inflamasi dan mengandung karsinogen.

Peneliti dari Cornucopia Institute menyarankan Anda untuk mengecek beberapa kandungan berbahaya yang mungkin terdapat dalam pasta gigi berbahan alami:

- Diazolidinyl urea (bahan pengawet dan dikenal sebagai penyebab iritasi kulit).
- Triclosan (antibakteri yang dapat bertindak sebagai pengganggu endokrin).
- Paraben (pengacau endokrin dan estrogen).
- Natrium laurel sulfat (deterjen yang dapat mengiritasi kulit, mata, dan saluran pernapasan).
- Pewarna, perasa, dan pemanis buatan yang terbuat dari petrokimia yang terkontaminasi karsinogen.

Layaknya kosmetik, pasta gigi adalah industri yang tidak diatur sepenuhnya oleh Food and Drug Administration (FDA). Itu berarti, produk pasta gigi tidak harus memiliki persetujuan FDA sebelum dijual di pasar.

"Apa yang masuk ke dalam tubuh dapat mempengaruhi bagaimana sel tubuh Anda bekerja," kata Marisa Weiss, MD, direktur bagian kesehatan payudara di Lankenau Medical Center dan presiden Breastcancer.org.

"Jadi kita harus mengajukan pertanyaan tentang keamanan produk perawatan pribadi yang kita gunakan sehari-hari."

Anton Bilchik, MD, kepala pengobatan dan kepala penelitian gastrointestinal di Providence Saint John’s Health Center di Los Angeles, setuju dengan pernyataan tersebut.

"Saya berpikir, bahwa kita perlu khawatir tentang karsinogen pada produk kosmetik sehari-hari dan FDA harus mengatur pasta gigi dengan cara yang sama seperti mengatur obat baru.”

Walau begitu, Mark S. Wolff, DDS, ketua Departemen Cariology dan Perawatan Komprehensif di New York University College of Dentistry, mengatakan bahwa bahan-bahan ini “biasa” muncul dalam pasta gigi dan umumnya diakui sebagai aman daftar. Hanya saja, ia menyarankan Anda untuk hati-hati dengan kandungan triclosan dan paraben.

"Mereka dapat memengaruhi perilaku sel, karena mengganggu hormon endokrin dan esterogen, yang nantinya dapat menurunkan kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko kanker," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Fox News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.