Kompas.com - 20/09/2016, 21:25 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Ada cara mudah dan murah untuk meningkatkan kepuasan seksual bagi kaum pria, yakni paparan cahaya matahari. Alasannya, cahaya matahari dapat merangsang produksi hormon testosteron.

Testosteron identik dengan pria. Kekurangan testosteron bisa berdampak signifikan, termasuk menurunnya kemampuan dan kepuasan seksual.

Para ilmuwan dari University of Siena di Italia menemukan, bahwa paparan cahaya matahari mampu meningkatkan kadar testosteron. Imbasnya, tingkat kepuasan seksual pria akan ikut naik.

Hal ini didasari oleh penelitian yang mereka lakukan pada 38 pria yang didiagnosa mengalami penurunan gairah seks. Para peneliti menggunakan terapi sinar (light box therapy) untuk memulihkan kondisi para pria tersebut.

Para peneliti membagi para pria itu menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberi terapi sinar namun cahayanya dikurangi. Kelompok kedua diberi terapi sinar dengan tingkat cahaya normal.

Mereka disinari selama dua minggu. Dengan durasi penyinaran selama 30 menit tiap pagi hari.

Setelah dua minggu, para pria itu diukur ulang dan hasilnya menunjukkan jika kelompok yang diberi paparan sinar normal mengalami peningkatan testosteron. Dari 2.1 ng/ml menjadi 3.6 ng/ml. Naiknya kadar testosteron ini diiringi oleh meningkatnya kepuasan seksual hingga tiga kali lipat.

Sedangkan, kelompok yang diberi sinar dengan tingkat cahaya dikurangi tak menunjukkan perubahan apa pun. Kadar testosteron dan kepuasan seksual mereka masih sama.

Prof. Andrea Fagiolini yang memimpin penelitian ini menduga jika terapi sinar merangsang kelenjar pineal di pusat otak. Yang pada akhirnya merangsang produksi testosteron.

“Cara ini bisa berguna bagi pria yang tinggal di belahan bumi utara. Cahaya matahari sangat terbatas di daerah itu. Akibatnya, biasanya mereka mengalami penurunan produksi testosteron pada bulan November sampai April. Kemudian testosteron mereka meningkat lagi saat musim semi dan musim panas. Puncaknya adalah bulan Oktober,” ujar Prof. Andrea.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.