Kompas.com - 22/09/2016, 12:30 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Harapan untuk bangun pagi dengan segar dan bersemangat seringkali tak terwujud. Malah, tubuh terasa sakit semua dan pegal. Penyebabnya tak sekedar posisi tidur yang salah atau bantal yang kurang empuk.

Selama kita tidur, tubuh berusaha menekan inflamasi, sehingga terkadang saat bangun inflamasi muncul kembali dan menimbulkan rasa nyeri.

Kesimpulan itu dihasilkan dari penelitian yang dilakukan pada sel manusia dan juga tikus yang menderita penyakit inflamasi artritis rheumatoid (RA).

Pasien yang menderita RA mengalami gejala rasa nyeri pada persendiannya. Rasa sakit itu akan bertambah hebat saat berjalan kaki, dan skala nyerinya bervariasi sepanjang hari.

Tak banyak pasien RA yang mengetahui bahwa irama sirkadian (jam biologis yang mengatur kapan tidur dan terbangun) ikut mengontrol pendulum nyeri.

Dalam penelitian pada tikus diketahui, saat hewan ini terpapar cahaya konstan, cakar mereka membengkak dan memiliki penanda inflamasi di dalam darahnya lebih tinggi. Pada kegelapan, penanda inflamasi itu menurun.

"Di malam hari, penanda inflamasi turun tetapi secara bertahap akan meningkat lagi di pagi hari," kata peneliti Julie Gibbs, Ph.D.

Itu sebabnya mengapa di pagi hari rasa nyeri yang semula reda kembali dirasakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Menshealth

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.