Kompas.com - 08/10/2016, 14:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Nasihat untuk makan satu apel setiap hari agar tubuh sehat bukanlah tanpa alasan. Buah yang satu ini memiliki sederet manfaat dan khasiat. Selain kandungan serat dan vitaminnya, ada beberapa manfaat apel yang belum banyak diketahui. Berikut adalah beberapa diantaranya, seperti diwartakan dari situs Health.com.

1. Melindungi paru-paru
Rajin makan buah apel ternyata dapat melindungi paru-paru Anda dari polusi udara. Sebuah studi dari St George Hospital Medical School di London pernah mengungkapkan, orang-orang yang makan lima atau lebih apel dalam seminggu memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dibanding mereka yang tidak makan apel.

Hal itu karena adanya kandungan antioksidan pada buah apel yang disebut quercetin. Silakan pikir dua kali sebelum mengupas kulit buah apel karena quercetin banyak terdapat di kulitnya.

2. Merawat kulit
Buah apel hijau yang segar ternyata bisa menjadi masker wajah. Pendiri Juice Beauty di California, Karen Behnke mengatakan, masker buah apel hijau ampuh melembabkan kulit dan mengurangi garis-garis halus di wajah.

Untuk membuat masker wajah, blender sampai halus satu buah apel. Kemudian bisa dicampur dengan sedikit anggur hijau, lemon, dan lidah buaya. Lalu, oleskan ke wajah hingga leher selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

3. Menyehatkan kulit kepala
Selain kulit wajah, apel juga menyehatkan kulit kepala. Dengan cuka sari apel, dipercaya dapat menghilangkan bakteri penyebab ketombe di kulit kepala. Caranya, oleskan cuka sari apel ke kulit kepala.

Kemudian pijat kepala yang telah diolesi cuka sari apel tadi. Setelah dibiarkan selama satu menit, bilas kembali rambut Anda.

4. Merampingkan pinggang
Ingin pinggang terlihat ramping? Rutin makan buah apel sebagai pengganti camilan manis dan berlemak menjadi salah satu solusinya. Selain itu, apel bisa dijadikan saus untuk menggantikan rasa manis dari gula. Saus apel ditempatkan sebagai pemanis alami dalam resep makanan yang lebih sehat.

Dengan saus apel, tentu akan bebas lemak dan kolesterol. Dengan begitu berat badan pun akan terjaga dan mencegah tumpukan lemak di area pinggang atau perut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.