Kompas.com - 08/10/2016, 21:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Dok sebenarnya berapa kali normalnya kita bisa berhubungan seksual, misalnya dalam seminggu sebaiknya berapa kali? Bukan hanya untuk mendapatkan kehamilan tapi untuk hubungan pernikahan yang harmonis. Mohon penjelasannya ya dok.

Sanie (25), Jakarta

 
JAWAB:

Sebenarnya keharmonisan hubungan seksual di dalam perkawinan ditentukan oleh hal berikut: dikehendaki bersama, menyenangkan kedua pihak, tidak menimbulkan akibat buruk secara fisik maupun psikis.

Frekuensi tidak harus ditentukan berapa kali dalam seminggu. Berapapun, jarang atau sering, asal memenuhi ketentuan di atas, itulah yang sepatutnya dijadikan dasar bagi pasangan suami istri.

Tetapi, pada dasarnya kalau pasangan keduanya sehat, frekuensi hubungan seksual lebih sering dibandingkan pasangan yang kurang sehat. Mengapa? Karena pada dasarnya fungsi seksual merupakan indikator kondisi kesehatan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.