Kompas.com - 17/10/2016, 14:30 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Gaya hidup kurang bergerak memang bisa mengundang berbagai masalah kesehatan. Salah satu keluhan yang sering dialami mereka yang banyak duduk adalah rasa nyeri di bagian kaki.

Ada banyak penyebab nyeri pada kaki, tetapi rasa sakit yang muncul setelah kita berdiri atau duduk terlalu lama biasanya disebabkan oleh penumpukan cairan di bagian vena kaki.

Kondisi itu terjadi jika katup di pembuluh vena kaki tidak bekerja dengan optimal untuk menjaga aliran darah dari kaki ke jantung. Akibatnya, darah berkumpul di kaki dan telapak kaki sehingga terjadi pembengkakan dan rasa nyeri. Gejalanya antara lain sensasi rasa terbakar atau seperti kram, terutama di bagian betis.

Peradangan yang terjadi sebelumnya pada vena bisa merusak bagian katup dan menyebabkan penumpukan cairan. Lama kelamaan ini dapat menyebabkan varises vena. Ditandai dengan garis-garis membiru di bagian betis ke atas, ini sebenarnya adalalh pembuluh darah yang penuh dengan darah.

Gejala lainnya adalah kaki merasa berat dan tidak nyaman, kaki dan bagian tumit bengkak, serta kram.

Bila rasa nyeri tersebut menetap, sebaiknya periksakan ke dokter. Penggunaan kompres khusus di bagian lutut bisa membantu mengurangi penumpukan cairan di kaki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.