Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2016, 21:37 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Orang yang terserang migrain terkadang menyalahkan makanan sebagai pemicu sakit kepalanya.

Beberapa makanan memang dicurigai bisa memicu migrain, seperti daging olahan, bahkan sayuran berdaun hijau yang mengandung nitrat. Obat-obatan tertentu yang mengandung nitrat juga disebut bisa memicu migrain.

Akan tetapi, dalam penelitian terbaru, bakteri di mulut juga ikut berperan memicu migrain setelah makan. Peneliti menemukan, beberapa bakteri di mulut ternyata memiliki kemampuan untuk mengubah bahan kimia yang disebut nitrat.

Para peneliti berhipotesis,  jika terdapat bakteri di mulut dalam jumlah besar, dapat mengubah nitrat yang memicu sakit kepala pada beberapa orang.

Seperti ditulis dalam jurnal mSystems, bakteri tersebut juga membantu mengubah nitrat menjadi oksida nitrat, zat kimia yang diduga berperan dalam sakit kepala. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis 172 sampel oral dan sekitar 2000 sampel tinja.

Akan tetapi, peneliti tidak menemukan hubungan langsung bahwa bakteri itulah yang menyebabkan migrain. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Menurut salah satu penulis studi, Antonio Gonzalez, jika mencurigai nitrat dapat memicu migrain, sebaiknya menghindari makanan yang mengandung nitrat.

Selain itu, migrain juga bisa dipicu oleh berbagai hal, seperti stres, kondisi cuaca, alkohol, jingga terlalu banyak tidur.

Pemicu terjadinya migrain pada tiap orang pun berbeda-beda. Sebaiknya, kenali pemicu migrain agar bisa mencegah sakit kepala hebat yang bisa membuat tubuh sangat lemas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com