Kompas.com - 18/12/2016, 11:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

 JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan otak yang sangat pesat teradi pada 1000 hari pertama kehidupan atau usia 0-2 tahun. Jangan sia-siakan kesempatan emas untuk mengoptimalkan perkembangan otak si kecil pada usia itu.

Dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang, dr. Bernie Endyarni Medise, SpA (K), mengungkapkan, berat otak bayi yang baru lahir 9 bulan rata-rata 400 gram.

Kemudian, pada usia 2-3 tahun menjadi sekitar 1100 gram. Saat dewasa, beratnya menjadi sekitar 1400 gram

"Dari baru lahir sampai usia tiga tahun pertambahan berat otak sekitar 700 gram. Sedangkan dari usia tiga tahun ke dewasa, hanya bertambah sedikit. Jadi pertumbuhan yang pesat diawal kehidupan adalah otak," jelas Bernie dalam diskusi kesehatan anak di Brawijaya Clinic, Jakarta Selatan, Sabtu (17/12/2016).

Dari ukurannya juga bisa dilihat, yakni saat masih janin atau dalam kandungan ibu, pertumbuhan kepala dan tubuh bisa dikatakan 50 persen kepala dan 50 persen tubuh. Artinya, saat itu ukuran kepala dan tubuh hampir sama.

Kemudian saat bayi lahir, perbandingan kepala dan tubuh menjadi satu banding tiga. Beranjak dewasa, pertumbuhan kepala dan tubuh menjadi satu banding tujuh.

Saat baru lahir, otak bayi terlihat masih polos atau masih sedikit sel-sel saraf otaknya. Makin lama makin banyak terlihat seperti serabut di otak sampai usia dua tahun. Dalam perkembangannya, sel neuron atau saraf otak akan saling tersambung.

"Ada sel neuron dengan sel otak lainnya itu akan tersambung atau disebut sinapstogenesis," lanjut Bernie.

Semakin banyak yang tersambung, koneksi di otak semakin baik. Akan tetapi, butuh dukungan nutrisi dan stimulasi agar sinaps semakin banyak terbentuk.

Bernie menuturkan, jika sel-sel yang sudah tersambung jarang digunakan oleh anak maka akan hilang dengan sendirinya atau mati. Kondisi itu disebut pruning.

Apa yang terjadi pada perkembangan otak anak pada 1000 hari pertama kehidupannya itu pun memengaruhi kemampuan otak saat dewasa. Sebab, saat sudah dewasa, otak tak lagi berkembang seperti saat masih anak-anak.

"Maka kebutuhan nutrisi hingga stimulasi sangat penting pada awal kehidupan. Pada 1000 hari pertama itu adalah suatu jendela yang unik," ujar Bernie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.