Kompas.com - 24/01/2017, 09:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah kesehatan yang sangat sering dijumpai. Umumnya hipertensi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Orang yang sudah terkena hipertensi harus mengontrol tekanan darahnya. Sebab, hipertensi yang tidak terkontrol bisa memudahkan timbulnya komplikasi penyakit seperti stroke hingga jantung.

Seperti dikutip dari Time.com, berikut ini beberapa cara alami yang dapat diterapkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Olahraga
Olahraga teratur memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Salah satunya adalah menjaga tekanan darah tetap stabil.

Menurut Mayo Clinic, berolahraga sekitar 30 menit per hari dalam seminggu terbukti dapat menurunkan tekanan darah sekitar 4-9 mmHg.

2. Tarik napas dalam-dalam
Latihan pernapasan, seperti memperlambat napas dan menarik napas dalam-dalam bisa membuat Anda lebih rileks ketika sedang stres atau banyak pikiran.

Cara ini pun membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, latihan pernapasan baik untuk memperlancar aliran darah.

3. Rileksasi
Kondisi stres bisa berdampak buruk bagi tekanan darah dan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan, saat marah atau stres dapat melepaskan hormon-hormon yang membuat jantung berdetak lebih cepat, mempersempit pembuluh darah, dan menigkatkan tekanan darah.

Nah, saat stres melanda, cobalah untuk rileksasi, seperti melakukan yoga atau meditasi agar lebih santai.

4. Kurangi kopi dan alkohol
Konsumsi minuman keras yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan memicu masalah kesehatan lainnya.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber TIME

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.