Kompas.com - 01/02/2017, 22:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com- Hormon testosteron sangat penting bagi pria. Hormon ini membentuk sisi maskulin pria, seperti suara yang lebih berat, pertumbuhan janggut, hingga otot.

Hormon ini juga berperan dalam prosuksi sperma, tingkat libido, kekuatan otot, hingga kepadatan tulang.

Meski demikian, tak tertutup kemungkinan seorang pria kekurangan hormon testosteron. Bisa terjadi akibat sering stres, kecelakaan, obesitas, hingga konsumsi obat-obatan tertentu. Seperti dikutip dari Boldsky.com, sedikitnya ada 5 tanda pria kekurangan hormon testosteron.

1. Tidak ereksi pagi hari
Umumnya pria akan sering ereksi pada pagi hari setelah bangun tidur. Apabila kadar hormon testosteron rendah, ereksi pada pagi hari pun tak terjadi.

Kekurangan hormon testosteron juga membuat pria rentan mengalami disfungsi ereksi.

2. Susah tidur
Kekurangan testosteron bisa membuat pria sulit tidur dan bangun dengan rasa lelah. Apabila muncul gejala ini pada usia di atas 35 tahun, kemungkinan tingkat testosteron rendah.

3. Mudah marah
Pria yang memiliki kadar testosteron rendah juga mudah marah, merasa frustrasi, rentan depresi, kelelahan, dan seperti orang yang kurang motivasi.

4. Rambut rontok
Dalam beberapa kasus, pria yang kekurangan testosteron mengalami masalah pertumbuhan rambut di tubuh seperti kumis dan janggut, termasuk mengalami rambut rontok.

5. Perut buncit
Perut buncit bisa jadi tanda pria kekurangan hormon testosteron. Rendahnya kadar testosteron membuat massa otot berkurang.

Akibatnya, massa otot malah tergantikan dengan penumpukkan lemak yang membuat perut buncit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber BOLDSKY
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.