Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2017, 22:03 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Kebanyakan makanan alami memiliki banyak manfaat gizi, namun ada di antara mereka yang layak dipertimbangkan secara khusus.

Meskipun tidak ada definisi ilmiah dari istilah "makanan super," kebanyakan orang menganggap makanan super adalah makanan yang memiliki jumlah antioksidan, vitamin atau nutrisi lainnya yang luar biasa tinggi.

Jika kita bicara kesehatan ginjal, inilah tujuh makanan super yang menurut National Kidney Foundation, sangat baik untuk meningkatkan kesehatan ginjal dan menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

1. Apel

Apel merupakan sumber pektin, serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan glukosa.
Jangan lupa kulitnya yang adalah sumber antioksidan, termasuk antioksidan yang disebut quercetin, yang dapat melindungi sel-sel otak.

Apel segar juga merupakan sumber yang baik dari vitamin C, salah satu vitamin dengan fungsi antioksidan yang kuat.

2. Bluberi

Peringkat satu di antara buah-buahan dan sayuran dengan kekuatan antioksidan. Bluberi rendah kalori, kaya serat dan vitamin C yang kesemuanya baik untuk ginjal Anda.

Para ilmuwan juga telah meneliti potensi mereka dalam mencegah kanker, penyakit jantung dan manfaatnya untuk kesehatan otak.

3. Ikan tinggi asam lemak Omega-3

Asam lemak Omega adalah nutrisi penting yang tubuh kita tidak dapat membuatnya sendiri sehingga kita harus mendapatkannya melalui makanan.

Asam lemak Omega-3 memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh termasuk mengontrol pembekuan darah dan membangun membran sel di otak.

Asam lemak Omega-3 telah terbukti dapat menurunkan risiko denyut jantung yang abnormal, menurunkan kadar trigliserida dan tekanan darah.

Salmon terkenal sebagai sumber asam lemak Omega-3, begitu juga dengan makerel, tuna albacore, herring dan sarden.

4. Kale

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com