Kompas.com - 16/12/2019, 19:00 WIB

KOMPAS.com – Kebanyakan pasangan yang telah menikah pasti menginginkan kehamilan hingga keturunan. Namun terkadang, harapan itu tak berjalan sesuai rencana.

Sebagian pasangan harus bersabar hingga dapat memperoleh momongan. Beberapa di antaranya bahkan harus menunggu hingga puluhan tahun.

Upaya demi upaya kiranya perlu dilakukan agar setiap pasangan bisa mendapatkan buah hati. Para calon orangtua yang terpenting tak boleh mudah menyerah.

Selain pantang menyerah, menambah pengetahuan seputar kehamilan dan masalah reproduksi juga perlu dilakukan. Berikut ini 14 hal yang perlu Anda ketahui untuk membantu segera hamil:

1. Pahami siklus menstruasi

Melansir dari WebMD (15/12/2019), mengetahui siklus menstruasi dapat meningkatkan peluang pasangan untuk hamil. Fase pertama dimulai dengan hari pertama perdarahan.

Pada saat itu, tubuh perempuan atau istri tengah melepaskan hormon seperti FSH yang membuat telur di dalam indung telur tumbuh.

Sementara antara hari ke-2 dan 14, hormon-hormon itu akan membantu mengentalkan lapisan rahim untuk bersiap-siap menampung setelah sel telur dibuahi. Ini disebut tahap folikel.

Baca juga: Calon Ibu Perlu Persiapkan Kecukupan Nutrisi sejak Sebelum Hamil

2. Hitung datangnya masa ovulasi

Siklus menstruasi rata-rata adalah 28-35 hari. Ovulasi biasanya terjadi antara hari ke-11 dan 21 dari siklus.

Pada masa ovulasi, hormon yang disebut luteinizing hormone (LH) melonjak, memicu pelepasan sel telur yang paling matang.

Pada saat yang sama, lendir serviks menjadi lebih licin untuk membantu sperma mencapai telur.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.