Kompas.com - 18/12/2019, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Beberapa hari lalu video yang menunjukan seorang wanita menganiaya pria tua yang terkena stroke viral di media sosial.

Dalam video tersebut, si wanita juga menyampaikan berbagai keluhan terhadap pria tua itu dan kemudian memukuli sang pria berkali-kali.

Dari hasil penyelidikan, peristiwa yang viral di berbagai media sosial itu terjadi pada 11 Desember 2019 lalu. Pelaku tidak lain adalah istri sang korban.

Hasil penyelidikan pun membuktikan bahwa sang wanita terindikasi mengalami stres atau gangguan jiwa.

Oleh karena itu, pihak kepolisian mengarahkan yang bersangkutan ke rumah sakit jiwa untuk keperluan observasi selama dua minggu.

Wanita tersebut nampaknya mengalmi stres karena terlalu lelah merawat atau menjadi family caregiver bagi suaminya yang menderita stroke.

Tugas caregiver itu berat

Menurut ahli kesehatan jiwa Dr Dharmawan SPKJ, menjadi seorang caregiver memang menguras energi dan emosi.

Gejala pembekuan darah di otak tak hanya sakit kepala. Penderita juga bisa merasakan gangguan penglihatan sampai koordinasi tubuh.

Ia memaparkan, wanita dalam video tersebut terlihat mengalami exhausted atau kelelahan yang menyebabkannya mengalami stres.

Baca juga: Sering Stres dan Gampang Emosi, Waspadai Sindrom Patah Hati

"Merawat orang sakit sendirian itu memang melelahkan. Mangkanya harus ada yang membantu. Tapi dalam video itu, kita tidak bisa menilai apa wanita tersebut mendapat bantuan saat merawat suaminya atau dia melakukan semuanya sendirian," ucapnya.

Untuk merawat orang sakit, kata Dr Dharmawan, butuh bantuan home care atau perawat pendukung yang disediakan di rumah.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.