Benarkah Makin Tua Kian Rentan Alami Gangguan Mental?

Kompas.com - 23/12/2019, 18:30 WIB
Ilustrasi orang tua tinggal sendirian. SHUTTERSTOCKIlustrasi orang tua tinggal sendirian.

KOMPAS.com - Kecemasan dan depresi memang bukan bagian dari gejala penuaan. Namun, semakin bertambahnya usia, seseorang kian rentan mengalami masalah kesehatan mental.

Data World Health Organization (WHO) menyebut 15 persen orang dewasa berusia 60 tahun menderita gangguan mental.

Banyak orang dewasa berisiko mengalami gangguan mental, neurologis atau otak dan sistem saraf. Orang dewasa juga kian berisiko mengidap diabetes, gangguan pendengaran, dan osteoarthritis.

Ahli kesehatan jiwa Justin Havrmann, menganggap perubahan kesehatan mental adalah bagian dari proses penuaan normal yang bisa membahayakan fisik jutaan orang.

Baca juga: Cegah Depresi Hingga Lancarkan Aliran Darah, Ini Manfaat Ginkgo Biloba

"Faktanya, penyakit medis terkait erat dengan masalah kesehatan mental pada orang dewasa yang lebih tua," kata Dr. Havemann dikutip dari Cleveland Clinic.

Menurut Dr. Havemann, seseorang yang menderita penyakit kejiwaan, terutama demensia, depresi, dan kecemasan yang tidak terdiagnosis dan tak bisa diobati memiliki kondisi medis yang lebih buruk.

Kualitas hidup mereka juga cenderung lebih rendah daripada mereka yang sehat.

Penyebab gangguan mental

Melansir Hello Sehat, sebagian besar gangguan kesehatan mental muncul pada masa remaja atau mungkin di awal usia 20-an.

Jika kita mengalami gangguan kecemasan saat dewasa, ada kemungkinan 90 persen bahwa kita tanpa disadari juga memiliki masalah itu saat masih remaja.

Menurut catatan WHO, ada banyak hal yang menyebabkan gangguan kesehatan mental di usia tua. Salah satunya, adalah penurunan kapasitas atau kemampuan tubuh yang kerap terjadi akibat penuaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X