Makin Canggih, Apa Saja Jenis Operasi untuk Pasien Kanker?

Kompas.com - 08/01/2020, 13:00 WIB
Ilustrasi operasi VIA INDIA EXPRESSIlustrasi operasi

KOMPAS.com - Operasi adalah salah satu metode pengobatan kanker. Prosedur ini dilakukan oleh seorang ahli onkologi bedah untuk mengangkat tumor ganas agar tidak menyebar pada sel lainnya dan tumbuh tumor baru.

Teknik pengobatan ini merupakan jenis perawatan kanker paling lama dan masih efektif untuk sebagian besar jenis kanker.

Ada banyak jenis operasi kanker yang umum dilakukan dalam dunia medis. melansir Mayo Clinic, berikut jenis-jenis operasi kanker:

1. Cryosurgery

Operasi ini dilakukan dengan menggunakan bahan yang sangat dingin, seperti semprotan nitrogen cair atau probe dingin.

Tujuannya adalah untuk membekukan dan menghancurkan sel-sel kanker atau sel-sel yang mungkin menjadi kanker, seperti sel-sel tidak teratur di leher rahim yang bisa menjadi kanker serviks.

Baca juga: Khawatir Kehilangan Payudara Setelah Operasi Kanker Payudara?

2. Bedah Listrik

Teknik operasi ini dilakukan dengan menerapkan arus listrik frekuensi tinggi utnuk membunuh sel kanker.

3. Operasi laser

Metode ini dilakukan dengan menggunakan sinar cahaya intensitas tinggi untuk mengecilkan atau menguapkan sel-sel kanker.

4. Bedah Mohs

Berguna untuk menghilangkan kanker dari area sensitif tertentu pada kulit, seperti di dekat mata. Metode ini juga digunakan untuk menilai perkembangan sel kanker.

Jenis operasi ini melibatkan pengangkatan kanker secara hati-hati dan lapis demi lapis dengan pisau bedah.

Setelah mengeluarkan lapisan, dokter akan mengevaluasinya di bawah mikroskop dan kembali melanjutkan prosedur pengangkatan sampai semua sel abnormal terangkan dan jaringan di sekitarnya tidak menunjukkan bukti kanker.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X