3 Cara Cegah Demam Berdarah Dengue (DBD)

Kompas.com - 25/01/2020, 19:31 WIB
Ilustrasi demam berdarah, nyamuk aedes aegypti. Ilustrasi demam berdarah, nyamuk aedes aegypti.

KOMPAS.com - Di musim hujan seperti ini rawan penyakit berdatangan, termasuk demam berdarah. Demam berdarah dapat menjangkiti siapa pun tanpa mengenal status, jenis kelamin, dan usia.

Penyakit ini bisa menyebabkan pendarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba hingga kematian.

Kabar buruknya lagi, hingga saat ini, belum ada vaksin khusus yang bisa digunakan untuk mencegah penyakit demam berdarah.

Untuk itu, kita perlu melakukan berbagai cara pencegahan agar tak terjangkit penyakit yang disebabkan oleh virus dengue ini.

Baca juga: Gejala Utama dan Sampingan Demam Berdarah yang Sering Diabaikan

Melansir laman Hello Sehat, cara terbaik untuk mencegah penyakit ini adalah dengan melindungi diri dari gigitan nyamuk Aedes aegypti, pembawa virus tersebut.

Cara ini bisa kita lakukan dengan mengenakan pakaian yang menutupi lengan dan kaki. Saat tidur, sebaiknya kita menggunakan kelambu dan pengudir nyamuk atau lotion anti nyamuk.

Selain melakukan hal tersebut, kita juga bisa melakukan cara-cara berikut ini:

1. Jaga Kebersihan Lingkungan

Melansir laman SehatQ, membersihkan lingkungan adalah salah satu cara untuk menghindari gigitan nyamuk pembawa virus demam berdarah.

Bersihkan lingkungan di area rumah dengan obat antinyamuk dan insektisida.

Jika ingin menggunakan cara alami, cobalah untuk memelihara hewan-hewan pemakan nyamuk dan jentik nyamuk seperti ikan.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X