Gangguan Makan: Penyebab dan Jenisnya

Kompas.com - 07/02/2020, 12:05 WIB
Ilustrasi makanan tinggi kolesterol shutterstockIlustrasi makanan tinggi kolesterol

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa gangguan makan termasuk dari masalah kesehatan mental yang turut berefek pada fisik penderitanya?

Yah, gangguan makan merupakan gangguan serius terhadap perilaku makan yang dapat memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan fisik, emosi, dan fungsi kehidupan sehari-hari seseorang.

Mereka yang mengalami gangguan makan biasanya terobsesi dengan bentuk badan dideal yang akhirnya membuat orang tersebut makan terlalu banyak ataupun makan terlalu sedikit.

Baca juga: Perjuangan Taylor Swift Mengatasi Gangguan Makan

Akibatnya, penderita ganggua makan justru bisa menjadi terlalu kurus atau bahkan terlalu gemuk.

Lalu, apa yang membuat seseorang mengalami gangguan makan?

Melansir laman Healthline, gangguan makan bisa disebabkan berbagai faktor, termasuk genetika.

Namun, gangguan makan juga bisa disebabkan oleh masalah psikologis seperti kecemasan atau cemburu yang berlebihan, impulsif, dan perfeksionisme yang terlalu tinggi.

Gangguan makan juga bisa disebabkan oleh adanya standar kecantikan yang terlalu memuja tubuh langsing sebagai bentuk tubuh ideal.

Namun, beberapa ahli juga menyebut bahwa gangguan makan bisa disebabkan oleh kelainan struktur otak, khususnya kelainan pada kadar serotonin dan dopamin di otak.

Penelitian menemukan adanya perbedaan pada jumlah serotonin (zat kimia otak) pada orang yang mengalami anoreksia dengan yang tidak.

Perbedaan ini yang diduga membuat orang yang anoreksia mampu menekan nafsu makannya secara ekstrem.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Healthline,,
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X