Cara Membedakan Gejala Flu Biasa dengan Infeksi Virus Corona

Kompas.com - 02/03/2020, 18:02 WIB
Ilustrasi flu, sakit flu ShutterstockIlustrasi flu, sakit flu

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia disarankan tidak perlu panik yang berlebihan menanggapi ancaman penualaran virus corona atau covid-19.

Dokter Spesialis Paru Anggota Kelompok Staf Medik (KSM) Paru RSUD Dr Moewardi Surakarta, Dr. dr. Reviono, Sp.P (K), menyampaikan infeksi virus corona memang memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa.

Namun, menurut dia, masyarakat tetap saja bisa mendeteteksi perbedaan gejala yang ditimbulkan oleh kedua penyakit yang menyerang sistem penapasan tersebut.

Baca juga: Waspadai 4 Cara Penularan Virus Corona

"Gejala infeksi virus corona memang hampir sama dengan flu biasa," jelas Reviono saat diwawancara Kompas.com, Senin (2/3/2020).

Dokter yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo itu menerangkan virus influenza penyebab flu kerap kali menimbulkan gejala, seperti berikut:

  • Bersin-bersin
  • Batuk
  • Hidung tersumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala ringan
  • Demam

Gejala-gejala tersebut biasanya baru akan terjadi pada seseorang 1-3 hari setelah terpapar virus dari orang lain yang sedang sakit.

Sedangkan gejala infeksi virus corona, menurut dia, memiliki karakteristik yang lebih spesifik dibanding flu biasa.

Sedikitnya ada 3 gejala utama yang dapat muncul pada pasien covid-19, yakni:

  • Demam tinggi lebih dari 38 derajat celsius
  • Batuk
  • Sesak napas

"Tiga itu yang menjadi gejala utama infeksi virus corona," terang Reviono.

Baca juga: Masker Mahal? Berikut Cara Lain Cegah Penularan Virus Corona

Namun, menurut dia, riwayat kontak pasien atau penderita adalah indikator utama untuk bisa membedakan antara penyakit flu biasa dengan infeksi civid-19.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X