Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2020, 18:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Di tengah maraknya pandemi Virus Corona jenis baru seperti saat ini, menjaga kebersihan adalah kunci penting untuk meminimalisir risiko infeksi.

Namun tanpa kita sadari, aktivitas sehari-hari memnuat kita harus bersentuhan dengan benda-benda yang menjadi sarang bakteri dan virus penyebab penyakit.

Oleh karena itu, kita harus memastikan kebersihan benda-benda tersebut dan sebisa mungkin untuk mencuci tangan usai menyentuhnya.

Salah satu benda yang sering kita gunakan dan berpotensi besar menyebarkan berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit adalah ponsel.

Baca juga: Waspada, Ini Bahan Berbahaya dalam Produk Pencegah Bau Badan

Riset 2017 telah membuktikan, layar ponsel mengandung berbagai virus dan bakteri trmasuk E colo, Staphylococcus aureus, dan Streptococcus.

Charles Gerb, profesor epidemiologi dan bio-statistik di Departemen Ilmu Lingkungan di University of Arizona, mengatakan bahwa beberapa jenis virus bisa bertahan di permukaan benda yang keras dalam waktu lama.

"Sebagian besar virus flu dapat bertahan dari beberapa jam hingga 9 hari, tergantung pada suhu dan kelembaban relatif," kata Dr. Gerba, dilansir dari lamam Good Hpuse Keeping.

Berdasarkan data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), Virus Corona jenis baru juga bisa bertahan hidup di permukaan benda yang keras selama berhari-hari bahkan lebih.

Menurut Gerba, virus dan bakteri bisa berpindah dari ponsel ke tangan. Hal ini akan mempermudah virus-virus tersebut untuk menyebar ke segala penjuru dan menularkan berbagai penyakit.

Untuk meminimalisir risiko infeksi, CDC merekomendasikan kita untuk membersihkan benda-benda tersebut dengan desinfektan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com