Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Bebas Panik di Tengah Banjir Informasi Virus Corona

Kompas.com - 11/03/2020, 09:56 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Wabah penyakit Covid-19 dari infeksi virus corona jenis baru SARS-CoV-2 menjadi sumber kecemasan bagi sebagian kalangan.

Ada yang merespons dengan takut keluar rumah, panik berburu masker dan hand sanitizer, sampai memborong jahe yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Sejumlah psikolog memperingatkan, virus corona bisa menjadi sumber kepanikan apabila banjir informasi tidak disikapi dengan bijak.

Baca juga: Beda Batuk, Pilek, Alergi, dan Gejala Virus Corona

"Orang jadi takut karena ini (virus corona) tidak lazim. Dan kita belum punya vaksin atau obat penangkal," kata Monica Schoch-Spana dari Johns Hopkins Center for Health Security, seperti dilansir Guardian (6/3/2020).

Peneliti yang fokus meriset respons publik pada kejadian luar biasa ini berpendapat, kecemasan akan virus corona turut dipicu keingintahuan publik yang tinggi, namun gagap informasi kesehatan.

"Pada hari-hari biasa, orang cenderung tidak menyimak informasi kesehatan. Baru dalam kondisi ekstrem seperti ini orang-orang mendengarkannya," ujar dia.

Peneliti psikologi politik asal Saïd Business School University of Oxford, Zhibo Qiu, mengatakan kecemasan dapat mendorong orang berlaku kompulsif.

Menurut Qiu, perilaku kompulsif seperti memborong masker, hand sanitizer, atau cairan disinfektan berisiko mengaburkan esensi pencegahan penyakit seperti mencuci tangan atau hidup sehat.

Terlepas dari kondisi penyakit yang dalam rentang waktu kurang dari tiga bulan menjangkiti lebih dari 100 negara ini, para ahli psikologi menyarankan kita untuk waspada alih-alih panik.

Baca juga: 3 Alasan Hand Sanitizer Buatan Sendiri Tak Efektif Tangkal Corona

Melansir The Independent, berikut cara mencegah panik menghadapi wabah virus corona:

1. Kendalikan pikiran

Saat panik, orang kerap kalut dan diselimuti pikiran negatif karena tak bisa berpikir dengan jernih.

Coba kendalikan pikiran Anda. Khawatir berlebihan pada sesuatu yang belum tentu kejadian bisa bikin panik. Coba alokasikan otak untuk memikirkan hal penting lainnya.

2. Jangan abaikan gejala stres

Kebiasaan mengabaikan stres dapat menumpuk dan berakhir menjadi panik.

Coba untuk tidak mengabaikan gejala stres seperti napas pendek-pendek dan jantung berdebar.

Saat dilanda stres, rasakan, lalu coba cari solusianya. Anda bisa mencoba duduk dengan tenang lalu bernapas dengan dalam-dalam untuk menjernihkan pikiran.

Baca juga: Siapa Saja yang Paling Banyak Tertular Virus Corona?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com