5 Bahaya Konsumsi Antibiotik Tanpa Indikasi

Kompas.com - 22/03/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi antibiotik ShutterstockIlustrasi antibiotik

KOMPAS.com – Antibiotik adalah obat yang bekerja dengan cara menghentikan bakteri bereproduksi atau membunuhnya.

Obat ini dahulu bisa dibilang moncer karena kerap dijadikan sebagai obat andalan untuk mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Namun, berkembangnya zaman, penggunaan antibiotik kini layak untuk dibatasi.
Bagaimana tidak, banyak bakteri berbahaya yang dulu ampuh diatasi dengan antibiotik, sekarang kebal terhadap obat populer tersebut.

Baca juga: Tak Bisa Sembarangan, Kapan Waktu Tepat Konsumsi Antibiotik?

Melansir Buku A-Z Penyakit Langganan Anak (2016) karya dr. Fransisca Handy, Sp.A, di tubuh manusia ada banyak bakteri baik yang hinggap, sebut saja di kulit, mukosa saluran napas, termasuk juga di saluran cerna.

Keberadaan bakteri baik itu salah satunya bermanfaat untuk menjaga keseimbangan makhkluk hidup di tempat tersebut sehingga bakteri jahat dan jamur bisa tidak tumbuh merajalela.

Perlu menjadi perhatian, keberadaan bakteri baik itu sayangnya bisa terpengaruh dengan penggunaan antibiotik tanpa indikasi.

Berikut ini berapa kerugian yang bisa timbul dari penggunaan antibiotik tanpa indikasi menurut dr. Fransisca:

1. Tidak dapat membedakan bakteri baik dan buruk

Semua bakteri diketahui bisa dimatikan oleh antibiotik, lebih-lebih antibiotik yang bersifat broad spektrum atau spektrum luas.

Antibiotik itu alhasil bisa membasmi semua bakteri. Padahal yang diharapkan sebenarnya hanya ingin mematikan bakteri jahat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X