Mual saat Puasa, Begini Cara Mengatasinya...

Kompas.com - 26/04/2020, 18:30 WIB
Ilustrasi mual Ilustrasi mual

KOMPAS.com - Mual atau keinginan untuk muntah merupakan salah satu kondisi yang banyak dialami orang yang sedang berpuasa.

Mual saat puasa ini bisa terjadi dalam kondisi perut kosong, sehabis berbuka puasa, atau setelah santap sahur.

Menurut ahli gastroenterologi dari Cleveland Clinic AS, Christine Lee, mual saat perut kosong lumrah terjadi karena perut menghasilkan asam klorida untuk mencerna makanan.

Baca juga: 6 Tips agar Tak Gampang Haus Saat Puasa

Jika Anda tidak makan dalam waktu yang lama, asam klorida dapat menumpuk di perut.

"Ketika asam tersebut naik ke kerongkongan, Anda bisa mengalami refluks asam, mulas, dan mual," jelas Dokter Lee, seperti dilansir Live Science.

Sedangkan kondisi mual sehabis berbuka puasa atau selepas santap sahur, menurut Dr Hani Jaber dari Healthpoint Abu Dhabi, disebabkan perut kaget menerima asupan makanan.

"Bisa karena tiba-tiba terlalu banyak makan, pencernaan jadi kaget," jelas Dokter Jaber, seperti dilansir The National.

Sementara itu, mual saat puasa juga bisa disebabkan penyakit radang lambung atau maag.

Melansir The Star, ahli gastroenterologi dari Malaysia, Prof Madya Dr Raja Affendi Raja menyebut, peningkatan asam lambung saat perut kosong dapat memicu mual pada penderita penyakit lambung.

Peradangan di lambung ini bisa disebabkan infeksi bakteri Helicobacter pylori, stres, sampai efek samping obat-obatan tertentu.

Baca juga: Puasa Kok Jadi Sakit Kepala, Begini Cara Mengatasinya...

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X