Jajal Challenge Viral saat Pandemi Corona Baik untuk Kesehatan Mental

Kompas.com - 26/04/2020, 10:10 WIB
Roti Tawar Meses yang viral di Twitter. Twitter/@MRTNZIG_Roti Tawar Meses yang viral di Twitter.

KOMPAS.com - Pandemi virus corona yang berdampak besar bagi kehidupan banyak orang di seluruh dunia rentan menimbulkan stres.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), wajar jika Anda merasa sedih, stres, bingung, takut, atau marah menghadapi krisis kesehatan global ini.

Untuk melindungi diri agar tidak tertular penyakit Covid-19 dan menjaga kesehatan mental, ada beberapa saran yang dianjurkan WHO.

Di antaranya tetap tinggal di rumah, menjaga gaya hidup sehat dan pola makan seimbang, cukup tidur, berolahraga teratur, dan menjaga kontak sosial lewat telepon atau gawai.

Baca juga: Stres saat Pandemi Corona Sebabkan Doyan Ngemil, Kok Bisa?

Di tengah anjuran tinggal di rumah selama pandemi corona, banyak orang mengikuti challenge atau tantangan di media sosial sebagai aktivitas waktu senggang.

Ada yang mengikuti tantangan "Until Tomorrow", "Pillow Challange", " Pass the Brush Challenge", membuat kopi Dalgona, menggarap kuis, sampai yang terbaru menyusun meses di atas roti tawar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

“A Queen is never late; everyone else is simply early.” ???? #pillowchallenge

A post shared by Anne Hathaway (@annehathaway) on Apr 22, 2020 at 7:52am PDT

Kendati sekilas terlihat sederhana, beragam tantangan kreatif yang menggerakkan pengguna media sosial untuk menjajal tantangan sejenis tersebut baik untuk kesehatan mental.

"Banyak orang merasa kesepian dan terisolasi selama tinggal di rumah saat pandemi global ini," jelas psikolog Heidi McBain kepada Bustle (24/4/2020).

Menurut McBain, komunitas digital yang menghubungkan satu orang dengan yang lain lewat dunia maya dapat membuat seseorang tetap merasa terhubung.

Beragam aktivitas media sosial kolektif baik menggunakan platform konferensi video, atau sekadar mencari foto lama dan mengunggah di situs berbagi foto dan video, dapat berdampak positif bagi kesehatan mental.

Halaman:

Sumber WHO,Bustle
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X