6 Jenis Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Sendi

Kompas.com - 03/10/2020, 13:00 WIB
ilustrasi sendi Shutterstock/peterschreiber.mediailustrasi sendi

KOMPAS.com - Sistem kerangka manusia ditunjang oleh sendi untuk mempermudah kita melakukan berbagai gerakan.

Itu sebabnya, sendi yang sehat sangat penting untuk fleksibilitas dan mobilitas tubuh kita.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia sendi rentan mengalami keausan sehingga fungsinya akan terganggu.

Padahal, sendi yang sehat juga berperan penting dalam mencegah timbulnya nyeri dan operasi penggantian sendi - terutama artroplasti pinggul dan lutut.

Baca juga: 3 Komplikasi akibat Skoliosis yang Tak Bisa Disepelekan

Bagaimana cara mencegahnya?

Menurut ahli bedah ortopedi dari Cleveland Clini, Robert Molloy, menjaga kesehatan sendi bisa kita lakukan dengan mencegah keausan sendi, terutama di bagian tulang rawan.

" Menjaga kesehatan sendi bisa kita lakukan dengan menerapkan gaya hidup aktif alias rutin berolahraga," ucap dia.

Molot merekomendasikan dua cara agar kesehatan sendi kita selalu terjaga, yakni dengan aktif bergerak dan melakukan olahraga yang tepat.

Olahraga yang tepat untuk menjaga kesehatan sendi harus bertujuan untuk memperkuat otot inti dan mengurangi beban pada sendi.

Terapis fisik Gary Calabrese juga berkata, olahraga terbaik untuk menjaga kesehatan sendi harus disertai dengan variasi.

"Kita harus melakukan berbagai jenis olahraga seperti aerobik, penguatan otot dan kelenturan, serta menjaga berat badan yang sehat untuk menjaga kesehatan sendi di sepanjang usia," tambahnya,

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X