4 Gejala Awal Diabetes yang Tak Boleh Disepelekan

Kompas.com - 12/10/2020, 06:01 WIB
Ilustrasi haus shutterstockIlustrasi haus

KOMPAS.com – Banyak masyarakat Indonesia terkena penyakit diabetes. Jumlahnya terus meningkat.

Bahkan, sebuah laporan memprediksi pada 2030 mendatang, jumlah penderita diabetes bisa mencapai lebih dari 21 juta jiwa.

Kondisi ini tentu perlu menjadi perhatian bersama.

Baca juga: Kenali Gejala Khusus Diabetes Tipe 1

Pasalnya, selain berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manuaia, penyakit diabetes juga dapat menyebabkan tingginya beban biaya kesehatan masyarakat setiap tahunnya.

Mengenal dan mewaspadai beragam gejala awal diabetes bisa menjadi salah upaya pencegahan atau penanggulangan sejak dini penyakit kronis ini.

Gejala awal diabetes

Gejala diabetes pada orang dewasa biasanya akan timbul secara bertahap, yakni bisa memerlukan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

Oleh sebab itu, penyakit diabetes sering kali tak disadari atau terabaikan.

Ketika pasien datang ke dokter, penyakitnya ternyata sudah kronis.

Maka dari itu, deteksi dini penyakit diabetes penting dilakukan, karena jika sampai diabaikan dapat menimbulkan komplikasi lebih lanjut, termasuk kelainan jantung, ginjal, dan stroke.

Melansir WebMD, baik diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2 memiliki beberapa tanda peringatan yang sama.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X