8 Penyebab Berkeringat Saat Tidur Malam dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 11/10/2020, 21:01 WIB
Ilustrasi sulit tidur amenic181Ilustrasi sulit tidur

KOMPAS.com – Sistem tubuh untuk pengaturan suhu sangatlah kompleks dan dipengaruhi oleh banyak faktor.

Itu mengapa dalam beberapa kasus, dapat membuat sulit untuk mengetahui secara pasti penyebab seseorang mengalami keringat malam.

Keringat malam di sini mengacu pada keringat berlebih pada malam hari atau hyperhidrosis tidur yang tidak terkait dengan lingkungan.

Baca juga: Telapak Tangan Berkeringat Tanda Penyakit Jantung?

Padahal, berkeringat di malam hari kerap kali dapat membangunkan para penderitanya karena harus mengganti pakaian atau seprai agar dapat kembali tidur dengan nyaman.

Penyebab berkeringat saat tidur malam

Pada dasarnya, terdapat banyak faktor yang bisa menjadi penyebab berkeringat saat tidur malam.

Untuk memastikannya, dokter harus mendapatkan riwayat medis terperinci dan melakukan tes untuk memutuskan kondisi medis apa yang menjadi penyebab keringat malam.

Melansir WebMD, beberapa kondisi yang diketahui dapat menjadi penyebab berkeringat saat tidur malam, di antaranya yakni:

1. Menopause

Hot flash (perasaan hangat yang tiba-tiba dan intens) yang menyertai menopause bisa terjadi pada malam hari dan menyebabkan keringat.

Ini adalah penyebab keringat malam yang sangat umum pada wanita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X