Kompas.com - 27/01/2021, 06:06 WIB
Ilustrasi asam urat ThamKCIlustrasi asam urat

KOMPAS.com - Serangan asam urat pada kaki dapat menyebabkan gejala nyeri yang menyakitkan.

Dilansir dari buku Asam Urat oleh dr. Nyiman Kertia, Sp.P.D.-K.R., ciri- ciri asam urat pada kaki antara lain sendi terasa nyeri, bengkak, dan kemerahan.

Sendi di kaki yang kerap terimbas penyakit asam urat antara lain jempol jari kaki, pangkal jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut.

Baca juga: Asam Urat dan Kolesterol Tinggi Berkaitan Erat, Begini Baiknya…

Gejala asam urat tinggi ini utamanya muncul setelah penderita mengonsumsi makanan yang banyak mengandung purin seperti jeroan, emping, atau kacang-kacangan.

Tak hanya nyeri sendi, ciri-ciri asam urat pada kaki lainnya yakni kesemutan karena peredaran darah tidak lancar.

Selain itu, kadar asam urat tinggi biasanya juga ditandai dengan badan pegal linu.

Mengingat serangan asam urat dapat membuat tubuh merasa tidak nyaman sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, penyakit ini perlu perawatan tepat.

Cara mengobati asam urat pada kaki memerlukan perawatan dengan pengobatan dokter atau perawatan mandiri di rumah sewaktu terjadi serangan.

Baca juga: Sayur Pantangan Penderita Asam Urat, Perlu Dihindari atau Tidak?

Berikut beberapa cara mengatasi asam urat pada kaki untuk meredakan gejala penyakit:

1. Gunakan kompres dingin

Melansir buku Asam Urat oleh Tim Vitahealth, mengistirahatkan sendi adalah cara menyembuhkan asam urat pada kaki begitu serangan penyakit muncul.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X