Kompas.com - 26/01/2021, 12:06 WIB
Ilustrasi perut kembung PIKSELIlustrasi perut kembung

KOMPAS.com - Penyakit celiac adalah kelainan di mana mengonsumsi gluten dapat memicu respons imun dalam tubuh, menyebabkan peradangan dan kerusakan pada usus kecil.

Penyakit ini termasuk kondisi serius yang bisa menyebabkan sejumlah gejala negatif, termasuk masalah pencernaan dan kekurangan nutrisi.

Gluten sendiri merupakan jenis protein yang ditemukan dalam biji-bijian termasuk gandum, barley, tepung spelt, dan gandum hitam (rye).

Baca juga: 10 Makanan yang Bisa Bantu Mengatasi Sakit Perut

Beberapa contoh makanan yang mengandung biji-bijian tersebut, yakni pasta, keik, sereal sarapan, saus atau kecap tertentu roti, dan beberapa jenis makanan instan.

Dalam adonan roti atau makanan lain, gluten berfungsi membuatnya menjadi elastis dan kenyal.

Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala penyakit celiac yang paling umum terjadi:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Diare

Melansir Health Line, feses yang encer dan berair adalah salah satu gejala pertama yang dialami banyak orang sebelum didiagnosis penyakit celiac.

Dalam sebuah penelitian kecil, 79 persen pasien celiac melaporkan mengalami diare sebelum pengobatan.

Setelah pengobatan, hanya 17 persen pasien yang terus mengalami diare kronis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X