Kompas.com - 26/01/2021, 14:05 WIB
Ilustrasi diabetes. Penderita diabetes di Indonesia berada di peringkat 7 dunia. Indonesia waspada diabetes, terutama di masa pandemi Covid-19. SHUTTERSTOCK/Proxima StudioIlustrasi diabetes. Penderita diabetes di Indonesia berada di peringkat 7 dunia. Indonesia waspada diabetes, terutama di masa pandemi Covid-19.

KOMPAS.com – Seperti yang sudah banyak diketahui, ada dua jenis utama penyakit diabetes, yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Kedua jenis diabetes ini adalah penyakit kronis yang memengaruhi cara tubuh mengatur gula darah atau glukosa.

Glukosa sendiri merupakan bahan bakar yang memberi makan sel-sel tubuh.

Baca juga: Memahami Hubungan Gula Darah dan Insulin

Sel-sel tubuh yang jumlahnya miliaran itu bisa diibaratkan sebagai suatu ruangan tempat pengolahan gula yang memiliki pintu.

Untuk membuka pintu ini, dibutuhkan sebuah kunci.

Nah, insulin diibaratkan sebagai kunci yang diperlukan untuk memasukkan glukosa ke dalam sel, sedangkan lubang kuncinya disebut reseptor insulin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Orang dengan diabetes tipe 1 tidak memproduksi insulin atau Anda bisa menganggapnya tidak memiliki kunci.

Sementara, orang dengan diabetes tipe 2 tidak merespons insulin sebagaimana mestinya dan di kemudian hari dalam penyakit tersebut sering kali tidak menghasilkan cukup insulin. Anda bisa menganggapnya sebagai kunci yang rusak.

Kedua jenis diabetes ini dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi secara kronis. Kondisi itu dapat meningkatkan risiko komplikasi diabetes.

Untuk mengenal lebih lanjut penyakit diabetes, simak beragam perbedaan dari dua jenis penyakit ini berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X