Kompas.com - 22/12/2020, 06:06 WIB

KOMPAS.com - Pakar kesehatan kerap menyebut sayur-sayuran adalah makanan yang baik dikonsumsi agar tubuh senantiasa sehat.

Namun, beberapa orang dengan masalah kesehatan seperti asam urat kerap dibuat gamang apabila ingin makan sayur tertentu.

Pasalnya, beberapa jenis sayur disebut termasuk tinggi purin alias pantangan untuk penderita asam urat.

Sebelum penderita asam urat buru-buru tidak makan sayur karena khawatir serangan penyakit kambuh, simak lebih dulu penjelasan berikut.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Nyeri Asam Urat dengan Cepat

Purin dan asam urat

Dilansir dari Live Strong, purin sebenarnya bukan momok bagi kesehatan. Dalam kondisi normal, asam urat bisa larut dalam darah lalu mengalir ke ginjal dan keluar dari tubuh lewat urine.

Tapi, kadar purin yang berlebihan dapat meningkatkan asam urat dalam darah. Saat asam urat tinggi, ginjal kesulitan mengeluarkan zat ini dari dalam tubuh.

Kondisi ini dapat memicu pembentukan kristal asam urat. Kristal ini mirip seperti jarum yang bisa menumpuk di sendi atau jaringan tubuh.

Kristal asam urat yang menumpuk di sendi dapat menyebabkan gout. Sedangkan, kristal asam urat yang menumpuk di ginjal memicu batu ginjal.

Penumpukan kristal asam urat di sendi atau gout menyebabkan sendi meradang dan terasa sakit.

Untuk mencegah serangan asam urat kambuh, penderita perlu menjalankan diet rendah purin atau menghindari makanan pantangan asam urat yang tinggi purin.

Baca juga: Diet Rendah Purin, Panduan Makanan untuk Penderita Asam Urat

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.