Kompas.com - 13/05/2021, 06:00 WIB
Ilustrasi kolesterol SHUTTERSTOCKIlustrasi kolesterol

KOMPAS.com - kadar kolesterol dalam tubuh sering menjadi hal yang dikhawatirkan banyak orang. Pasalnya, kolesterol sering dianggap sebagai biang dari berbagai masalah kesehatan.

Kelebihan kadar kolesterol dalam darah dapat mengendap dalam pembuluh darah sehingga menyebabkan penyempitan, pengerasan pembuluh, bahkan penyumbatan aliran darah.

Jika berlanjut, jumlah suplai darah ke jantung akan berkurang. Akibatnya, bisa saja terjadi nyeri dada atau menjurus pada serangan jantung.

Baca juga: Apakah Penyakit Kolesterol Bisa Sembuh Total?

Untuk itu, menjaga kadar kolesterol berada dalam batas normal 200 mg/dl sangat penting.

Namun, pada hari-hari besar tertentu seperti lebaran atau natal, santap keluarga sering kali berisi makanan yang memicu kadar kolesterol untuk naik.

Lalu, bagaimana cara mencegah kolesterol naik selama hari raya?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut beberapa cara menyiasati agar kolesterol tak naik saat lebaran.

1. Ketahui kadar kolesterol Anda

Untuk mengetahui langkah apa yang tepat dilakukan, pertama-tama Anda perlu mengetahui berapa kadar kolesterol dalam darah.

Jika kadar kolesterol Anda cukup tinggi, menghindari faktor risiko seperti merokok atau tekanan darah tinggi perlu dilakukan untuk menunjang proses pengobatan.

Selain itu, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat juga dapat membantu.

Halaman:

Sumber CDC,Heart.org
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X